buku pelaut
buku pelaut

Cek Buku Pelaut Online Di Sini

Posted on

Sejak mulai pertengahan th. 2016 Dinas Perhubungan Laut Indonesia telah memperbarui semuanya sistem tata langkah untuk pembuatan buku pelaut. Buku pelaut yang dahulu bisa di buat dengan datang selekasnya ke Kantor Syahbandar Pelabuhan namun sekarang ini lewat langkah yang sedikit berbeda. Terlebih dulu buat buku pelaut seorang pelaut atau calon pelaut harus mendaftar lebih dahulu lewat cara online. Untuk kalian yang sudah pernah memiliki buku pelaut lama juga sekarang ini tidak bisa lagi memperpanjang namun harus buat buku pelaut yang baru lewat cara online juga.

Baiklah, tidak ada panjang lebar lagi mari kita mulai saja Langkah Buat Buku Pelaut Online

Prasyarat Buat Buku Pelaut Online yang butuh disediakan yakni :
– Buku Pelaut Lama (apabila sudah punyai lebih dahulu)
– Sertifikat Basic Safety Training (BST)
– Foto Copy KTP
– Foto Copy Akte Kelahiran
– Foto Copy Kartu Keluarga (KK)
– Surat Informasi Catatan Kepolisian (SKCK)
– Surat Informasi Sehat Dari Rumah Sakit/Klinik yang ditunjuk oleh Dinas Perhubungan Laut.
catatan : untuk tempat registrasi pelabuhan Benoa silahkan datang ke klinik Padma Bahtera untuk mencari surat informasi sehat. Alamat klinik Padma di Jalan Hayam Wuruk no. 240 Denpasar
– Foto 3×4 beberapa 5 Lembar
– Foto 5×5 beberapa 5 Lembar

Buku Pelaut Online serta Yang WAJIB Di ketahui Pelaut
Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Ir. A. Tonny Budiono, MM menyatakan, dengan pembuatan buku pelaut Online, diinginkan beberapa pelaut bakal peroleh keringanan, lebih transparan, serta sistem pengurusan lebih cepat dan bisa dikerjakan dimanapun. Bahkan juga ini bakal kurangi ada praktik kecurangan dalam sistem pembuatan buku pelaut yang merugikan beberapa pelaut.

Karna beberapa pelaut diharuskan untuk mengurusi sendiri dokumen mereka di kantor Syahbandar paling dekat. Jadi, telah jadi kewajiban untuk beberapa pelaut untuk tahu bakal beberapa langkah serta apa sajakah sebagai prasyarat dalam sistem pembuatan buku pelaut Online.

Untuk tahu selanjutnya tentang kriteria serta beberapa langkah yang perlu dikerjakan waktu pengurusan buku pelaut Online. Seperti : pembuatan buku pelaut baru, perpanjangan buku pelaut, bikin saat monitor dan sebagainya silakan download tips pemakaian system info buku pelaut Online di dokumenpelaut. dephub. go. id

Terkecuali point utama diatas, ada banyak hal yang sepatutnya beberapa pelaut kenali.

Tersebut disini yang WAJIB BrooGO kenali saat mengurusi Buku Pelaut Online :

1. Ada pembatasan jumlah permintaan buku pelaut online

Yakni 100 pelaut /hari hingga jam 10 pagi. Yakinkan Broogo dapat datang ke Syahbandar lebih awal dari saat yang ditetapkan supaya dapat dilayani. Jangan pernah BrooGO balik lagi karna telat datang ke Syahbandar.

Namun janganlah cemas masih tetap ada hari depan, anggap saja berjalan-jalan, siapa tahu berjumpa artis situs (blog) PelautGo. Heeee.

Pembatasan ini cuma untuk yang ingin bikin buku pelaut baru. Jadi, tak berlaku untuk yang bakal memperpanjang, penyijilan serta bikin saat monitor.

2. Jarak dari kantor Syahbandar Kelas 1 Tanjung Priok ke KKP 1 Tanjung Priok yaitu 300-500 m

Surat info sehat dari tempat tinggal sakit jadi prasyarat bikin buku pelaut Online. Jadi kalau BrooGO ingin bikin surat itu, dapat memakai ojek pangkalan di depan kantor Syahbandar menuju KKP kelas 1 Tanjung Priok, jalan raya Nusantara no. 2 dengan tarif Rp. 10. 000.

Kalau tidak ingin memakai ojek dapat juga. BrooGO dapat jalan kaki. Karna jaraknya cuma 300-500 m. Ini pas buat BrooGO yang suka olahraga untuk turunkan berat tubuh atau kurangi perut buncit karna umumnya makan daging kotak. Atau untuk BrooGO yang telah lama di darat dapat untuk berhemat (irit apa ngirit ya….?)

Informasi : cost medical check up di KKP kelas 1 Tanjung Priok yaitu Rp. 100. 000. Namun bila mencari yang lebih murah dapat medical check up di RS Sukmul Sisma Medika, jalan Tawes 18-20 Tanjung Priok, biayanya Rp. 55. 000.

Untuk keakuratan info cost, silakan BrooGO datang segera ke tempat yang telah penulis katakan diatas.

3. Koperasi Syahbandar Samping Kiri Lobby

Untuk BrooGO yang bakal bikin buku pelaut Online, tetapi belum miliki akun di pelaut. dephub. go. id. Silakan datang ke koperasi Syahbandar yang ada di samping kiri lobby untuk dibuatkan akunnya oleh petugas koperasi. Prasyaratnya BrooGO memiliki e-mail yang aktif serta tak lupa passwordnya. Karna e-mail itu bakal dipakai waktu verifikasi pendaftaran buku pelaut Online.

Tak perlu terasa rugi atau takut dompet kosong. Karna dengan beberapa duit yang didapatkan ke petugas koperasi sebagai sinyal terima kasih, BrooGO akan tidak jatuh miskin. Terlebih mbak yang bertugas di sana cantik. Bener deh!

4. Isi Buku Pendaftaran Buku Pelaut Online 

Demikian hingga di kantor Syahbandar, BrooGO diminta isi buku pendaftaran yang telah disiapkan di meja yang ada di tenda depan lobby. Ada dua buku pendaftaran, yakni pendaftaran permintaan buku pelaut Online serta pembuatan saat monitor. BrooGO disuruh untuk isi jati diri pribadi. Seperti : nama, nomor handphone serta sinyal tangan.

Tetapi ada dua hal yang butuh di perhatikan waktu isi buku itu, yakni :

Permintaan buku pelaut Online dibatasi cuma untuk 100 pelaut /hari. Sesudah lakukan pendaftaran permintaan buku pelaut dengan cara Online. Yakinkan tiba di kantor Syahbandar Tanjung Priok, Jakarta, lebih awal dari saat yang sudah ditetapkan yakni jam 10 pagi dengan membawa semuanya kriteria. Hingga nama BrooGO dapat diurutan pertama.
Sistem pembuatan saat monitor bakal dilayani sesudah dua minggu mulai sejak BrooGO isi buku pendaftaran untuk bikin saat monitor. Ini dikerjakan Syahbandar, karna banyak pelaut yang bakal bikin saat monitor. Hingga antriannya juga begitu panjang.
Sembari menanti, BrooGO dapat mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan sebagai prasyarat dalam bikin saat monitor. Dapat pula isi saat senggang BrooGO dengan membaca narasi penulis waktu mengurusi sendiri memperpanjang buku pelaut Online. Oke kan anjuran penulis?

5. Yakinkan Buku Pelaut Lama Telah Sign-Off

Jangan pernah menyesal kalau pengalaman monitor BrooGO tak tercantum kedalam buku pelaut Online, dikarenakan buku pelaut lama belum sign-off. Sayangkan! pengalaman monitor hilang karna belum sijil off.

6. Ikuti Alur Sistem Permintaan Buku Pelaut Online

Tersebut disini bagian atau sistem permintaan buku pelaut Online :

Login di aplikasi buku pelaut online
Tentukan menu permintaan yang dikehendaki (buku baru, perpanjangan, pergantian, dan sebagainya)
Isi form yang sudah disiapkan dalam aplikasi buku pelaut Online (warna rambut, warna mata, tinggi tubuh, warna kulit, kelompok darah, serta alamat tetaplah)
Tentukan tempat Syahbandar paling dekat untuk cetak buku pelaut
Print bukti pendaftaran
Datang ke Syahbandar serta berikanlah bukti pendaftaran Online bersama kriterianya (2 hari sesudah pendaftaran Online)
Petugas Syahbandar memverifikasi dokumen permintaan
Sesudah verifikasi OK, bakal dikerjakan pengambilan foto
Petinggi Syahbandar menyepakati permintaan buku pelaut
Cek e-mail pelaut, ada informasi tagihan PNBP (Penerimaan Negara Bukanlah Pajak) yang perlu dibayar (umumnya 1-2 minggu sesudah pengambilan photo)
Bayar PNBP sesuai sama kode billing ke bank yang ditunjuk (BRI, Mandiri, CIMB Niaga, BCA, BNI, BNI Syariah, Kantor Pos). Dapat lewat ATM atau teller bank.
Sesudah lakukan pembayaran, berharap konfirmasi ke 081316291045 dengan format sms (kode pelaut, nama, “saya telah lakukan pembayaran”)
Serahkan bukti pembayaran PNBP ke petugas Syahbandar di loket 4 bersama kertas permintaan
Tunggulah hingga buku pelaut terbit, yakni sesudah dikerjakan pencetakan buku pelaut serta pengesahan oleh petinggi berwenang

Terkecuali yang telah penulis berikan di atas, ada satu lagi serta adalah point yang begitu utama waktu mengurusi buku pelaut Online. Yakni yang diberi nama dengan kesabaran. BrooGO mesti begitu sabar karna banyak pelaut yang datang ke kantor Syahbandar untuk mengurusi buku pelaut Online mereka.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *