BACA BUKU ONLINE KAMBING JANTAN
BACA BUKU ONLINE KAMBING JANTAN

BACA BUKU ONLINE KAMBING JANTAN

Posted on

Judul Buku : Kambing Jantan : Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh

Pengarang : Raditya Dika

Penerbit : Gagas Media

Tahun Terbit : Cetakan Pertama, 2005

Cetakan Ke Empat Puluh Empa, 2014

Harga Buku : Rp 33.000,00

Genre : Komedi Non Fiksi

Pendahuluan
Raditya Dika, lahir di Jakarta, 28 Desember 1984 yang berketurunan darah Batak. Lulusan dari SMUN 70 Jakarta pada tahun 2003. Yang kemudian meneruskan kuliahnya di Adelaide, Australia. Raditya Dika suka mencoba berbagai macam hal, seperti magang di MetroTV, siaran di Heartbeatstaton, mengajar bahasa Inggris di bimbel Teknos.

Mulai masuk ke dunia blog pada tahun 2002. Pengalamannya menulis selain menulis kolum Blog Of The Month pada majalah lepas blogpast, termasuk juga menulis kumpulan cerpen untuk zine-zine dan kumpulan elektronik.

Dibandingan dengan novel raditya yang berjudul Cinta Brontosaurus yang berisi kisah keseharian Raditya yang dimulai ketika dia duduk dibangku SD, tetapi di novel ini berisi tentang rangkaian blog kisah nyata Raditya Dika yang dimulai pada tahun 2002-2004. Sehingga tidak hanya menceritakan tentang kisah cinta saja, tetapi menceritakan tentang aktivitasnya ketika dirumah, atau hal-hal lain yang unik.

Raditya dika memiliki kekhasan dalam mnciptakan setiap novelnya, yaitu menyisipkan kalimat-kalimat absurd, memiliki celotehan-celotehan unik yang mampu membuat pembacanya tidak bosan dan terus menunggu karya-karya baru dari Raditya dika.

Keunikan dari buku ini adalah isi disetiap ceritanya berupa diary yang disertai hari, tanggal, dan tahun kejadian. Dan berasal dari kejadian-kejadian yang dialami Raditya Dika.

Tema yang diangkat dari novel ini adalah bertema komedi dan pengalaman pribadi.

Kelemahan buku ini adalah terdapatnya kalimat-kalimat yang kurang pantas, seperti “setaaaannnn” atau kalimat-kalimat yang lainnya.

Buku ini meninggalkan kesan yang lucu, menarik, dan asik, sehingga pembaca tidak bosan membaca buku karangan raditya dika.

Isi

Dalam buku novelnya ini Raditya Dika menceritakan kesehariannya menjadi seorang mahasiswa yang berkuliah di Adelaide, Australia. Hal yang tak pernah terfikirkan sama sekali olehnya. Apalagi dijurusan Finance. Itu keinginan ibunya. Sementara ayahnya menginginkan Radit untuk kuliah di jurusan kedokteran. Tapi dengan terpaksa Ia harus mengikuti ibunya yang menginginkan Radit untuk kuliah dijurusan finance berdasarkan hasil voting keluarganya. Harus jauh dari keluarga, teman, dan pacar merupakan hal yang harus ditanggungnya. Banyak cerita lucu namun ajaib dari kesehariannya menjadi mahasiswa di kota orang. Layaknya seorang anak kost. Tapi yang ini lebih elit. Karena kost diluar negeri.

Menurut saya, ini novel bergenre komedi pertama yang diadaptasi dari sebuah blog yang berhasil mendulang kesuksesan. Karena setelah Radit banyak bermunculan generasi serupa yang menerbitkan buku yang diadaptasi dari sebuah blog pribadi.

Di era globalisasi dan maraknya perkembangan teknologi saat ini. Pengalaman lintas budaya sudah kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Hal itulah yang dirasakan oleh Radit selama menjadi mahasiswa di negeri orang.

Pada buku ini terdapat 63 cerita. Cerita yang paing lucu menurut saya adalah ketika dosennya Radit yang salah mengeja namanya dan ketika Radit mengalami infeksi diwajahnya akibat dari perawatan di salon yang mengakibatkan wajahnya dipenuhi Jerawat. Alhasil Ia harus dirawat oleh ibunya yang tanpa disangka-sangka ia diobati dengan celana dalam ayahnya yang manjur.

Selepas SMU, Dika (Raditya Dika), yang mempunyai nama panggilan Kambing, harus melanjutkan pendidikan di Adelaide, Australia. Ketika dia menjalani kuliah di Australia,

Problema timbul dengan Kebo, pacarnya, karena harus menjalani Long Distance Relationship (LDR) yang menyebabkan pengeluaran keuangan sangat besar, komunikasi yang terganggu, dan kehidupan kuliah yang semakin lama membuat mereka menjadi berbeda.

Problem lainnya seperti bagaimana Dika mengalami kesulitan dalam belajar, dan kemunculan Jenny Dickson, dosen bule yang lebih mirip tentara wanita, menambah dilema si Kambing dalam menyelesaikan masalah LDR dan kebutuhan keuangannya.

Pertemuannya dengan seorang teman SD, Ine (Sarah Shafitri), yang membaca blog Dika berjudul “Kambing Jantan”, membuka pikirannya bahwa dia bisa saja jadi penulis komedi.

Kisah kehidupan sehari harinya yang teramat bodoh dan konyol itu membuat pengalaman tersendiri. Raditya Dika juga suka memelihara binatang, mulai anak ayam, perjuangan membunuh seekor tikus, nostalgia dengan anjingnya, dan hal aneh absurd lainnya. Radith termasuk orang yang suka mencoba berbagai macam hal, seperti magang di Metro TV, siaran di heartbeatstation, ngajar bahasa inggris di bimbingan belajar teknos.

Akhirnya dia curhat di blognya lalu berpikir siapa tahu dari curhatannya dia bisa jadikan ke sebuah buku. Tetapi kata suaminya tidak mungkin banget karena curhatannya itu sangat konyol sekali untuk di jadikan sebuah buku, tetapi Dika terus berjuang dan mencoba dan pada akhirnya buku tersebut dapat di terima di masyarakat.

Keunggulan :

Kelebihan novel ini adalah pada segi penyampaian ceritanya yang menggunakan bahasa yang sehari-hari yang bersifat santai sehingga mudah diterima oleh para pembaca. Selain itu kelebihannya juga terdapat pada segi isi cerita yang bergenre komedi dan kisahnyata sang penulis terlebih lagi Radit menggunakan judul yang unik sehingga mampu membuat penasaran para pembaca.

Kekurangan :

Tak lepas dari lelebihan diatas, kekurangan dari novel ini yaitu terdapat pada segi penulisan kata-kata yang terbilang vulgar dan bahasa gaul yang digunakan ada beberapa yang susah dimengerti oleh para pembaca. Namun, kekurangan-kekurangan tersebut dengan mudah dapat disembunyikan dengan cara penyampaiannya yang santai dan sangat lucu.

Tinjauan bahasa :

Bahasa yang digunakan pada novel ini menggunakan bahasa sehari-hari sehingga amudah dipahami oleh para pembacanya.

Tidak adanya kesalahan cetak merupakan salah satu faktor yang membuat buku ini banyak penggemar dan banyak diminati.

Penutup
Sasaran pembaca : remaja, dan orang dewasa.

Kesesuaian buku : sudah sesuai

Karena buku ini memang banyak diminati oleh para remaja dan orang dewasa yang menyukai novel non fiksi seperti novel raditya dika salah satunya adalah Kambing Jantan. Buku ini juga laku keras dipasaran sehingga mampu diangkat ke layar lebar maupun layar kaca.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *